Pages

Monday, April 1, 2019

MEMBUAT ID CARD


Secara umum ID Card ini fungsinya supaya orang lain mengenal identitas kita. ID Card lazimnya dipasang di leher dengan menerapkan tali, atau disematkan pada bagian dada. Di dalam ID card sendiri biasanya tercantum nama, jabatan, instansi, dan juga foto kita.

Fungsi ID Card:
ID Card memiliki bermacam tipe bentuk, spesifikasi dan kegunaan ID card itu sendiri seperti:

Kartu umum
Card tipe ini umum dipakai sebagai kartu pengenal pribadi atau jabatan dalam sebuah perusahaan. Contoh kartu pengenal pegawai.

Kartu magnetic
Kartu tipe ini mempunyai bentuk atau tanda panel hitam di belakang kartu yang berguna untuk menaruh data sebagai rahasia dari si pemegang kartu. Cara pemakaiannya cukup hanya dengan menggesekkan atau memasukkan kartu pada alat reader magnetic guna melancarkan proses transaksi atau sebagainya.

Kartu proximity
Secara fisik card ini hampir sama dengan card yang umum namun jikalau kita teliti pada perbadaan yang terdapat pada kartu proximity yaitu ada chip atau program di dalam kartunya. Kartu semacam ini umum dipakai untuk menghindari kecurangan pada pemalsuan.

Untuk ID card yang kita miliki biasanya membeli dari toko atau memesan. Padahal ID Card tersebut dapat dengan mudah kita buat sendiri baik dengan program online atau kita buat dengan program khusus, atau kita buat dengan program aplikasi yang sudah familier bagi kita, yaitu dengan microsoft excel, adapaun caranya adalah :

1. buka m.excel : start --> excel


2. Buat data base pada sheet1 (DATA) yang terdiri dari Nama, NIP, Foto, dsb.

3. Buat desain ID Card pada sheet2  (IDCARD)


4. Buat Spin Button untuk memanggil Data


5. Buat Rumus VlookUp untuk memanggil data

6. Buat rumus Index dan Match untuk memangil foto

7. Selesai


 

No comments:

Post a Comment